TUA

ketika sekecil bayi itu, aku diharapkan lekas tumbuh besar,
menuju kesebuah jenjang ABG pun, mereka menuntutku untuk cepat menjadi dewasa.
Dan seterusnya, hingga sampailah di sebuah pertanyaan "sampai kapankah garis akhir dimana tidak ada harapan dari mereka semua padaku? ketika kuhitung umurku belum tua, tubuhku belum menua.
ku temui banyak hal terjadi, tidak disengaja, mengalihkan semua perhatian mereka untuk berharap LEBIH dariku. aku menunggu mereka seperti dahulu mempunyai harapan baiknya padaku.
ternyata, aku tidak harus menunggu lagi, karena tugasku disini hanya akan berakhir pada kata "TUA" itu sendiri. Akupun sudah mengerti akan hariku yang setiap saat akan hilang selamanya.

Aku tahu apa yang harus aku lakukan dan persiapkan sedini mungkin. Aku harus cepat TUA, "I must be the old woman as soon as possible".
kenapa harus tergesa-gesa? biarlah waktu berjalan apa adanya.
kenapa harus memaksakan DIRI, sedangkan tubuhmu masih sangat SEGAR.
aku hanya berharap bahwa aku tidak sampai MATI MUDA,
aku ingin mati dalam keTUAan dan aku tidak tahu kapankah Tuhan akan memanggilku.
seseoarng bertanya,"bahwa umur tentang kematian bukanlah pada KUASA kita, lalu mengapa kau memberi batas terlalu keras tentang mati TUAmu?"

akupun menjawab,"karena aku tidak pernah menghitung tua dari UMURku, tua pada umurku hanyalah milik RAGAku semata, sedangkan TUA menurut penilaianku adalah keMATANGan kita menjadi seorang pribadi yang MENGERTI tentang KEHIDUPAN."

banyak sekali seorang berUMUR tuapun tak mampu MEMBAWA dirinya dengan baik sesuai RAGA dan WAKTU kehadirannya disini. Tidak akan pernah terhingga pada hitungan dan ukuran tentang keTUAan sebenarnya selain pikiran BIJAKnya yang membawanya terlihat bahkan terNILAI jelas pada PERANnya dalam KEHIDUPAN. Dan aku hanya ingin MATI saat peranku telah cukup untuk sebuah MANFAAT disini. ini adalah sebuah HUTANG budiku pada kehidupan yang telah memberi TUMPANGAN untukku menikmati EMOSI rasa melalui jiwa syukurku. Sekiranya ini tak pernah CUKUP bahkan terKURANG banyak, namun ini sudah aku usahakan seMAMPU ikhlasku pada kesempatan yang TUHAN
hadirkan.
"I shall die one day" and I hope that will be the right time for my desire"

berapapun Tuhan akan memberiku umur,
itulah alasan aku ingin cepat TUA dalam KEHIDUPAN

(D. A. S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar