BURUH migran BURUH kehidupan

(kupersembahkan TULISAN ini untuk teman-teman TKW/TKI, terutama mereka yang bekerja dibidang informal (caretaker ataupun pekerja TLRT) dimanapun berada)

disini aku uraikan sedikit tentang sahabat - sahabat TKI / TKW..
tak banyak lagi terpikir KEBAIKAN dari beberapa telinga yang mendengar sebuah pekerjaan sebagai TKW / TKI
entah apa yang tergambar pada pekerjaan INI ?
rendahkah? tak berkelas kah? atau bahkan pekerjaan yang sungguh tak mampu terambil NILAI manfaat lainnya selain besarnya NILAI $ dolar itu sendiri


"kau tak akan mampu TAHU dan mengerti tanpa kau sendiri MENGALAMI langsung, tentang BERAPA HARGA suka duka bersama MEREKA serta MANFAAT berada ditengah PEKERJAAN ini"

beberapa orang menganggap ini pekerjaan yang PANTAS bagi orang-orang yang terbuang KEHIDUPANnya. Bukan semata-mata karena terbuang oleh KERASnya hidup, namun juga terbuang karena minimnya keahlian dan pendidikan mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih BAIK di tanah air. Beberapa orang menganggap mereka RENDAH dari banyak segi, termasuk derajat sosial dan tingkatan pekerjaan yang dilakukan. Saya menjumpai banyak anggapan buruk tentang status TKW dari beberapa orang yang berada dalam kehidupan BAIK dan mapan, memaklumi ini karena memang kehidupan TINGGI dan berkecukupan kadang tak mampu EMPATY terhadap mereka. Memandang TKW apapun pekerjaan yang dilakukannya di negara lain adalah pekerjaan yang berARUS kurang baik. Sempat beberapa waktu lalu saya chat dengan mahasiswa, bertanya tentang pekerjaan saya, herannya dia bukannya percaya tapi malah seolah mencurigai pekerjaan saya, ck.ck.ck. betapa PENDEK dan rendahnya pikiran baik mereka pada sebuah status pekerjaan TKW ini. Bahkan beberapa waktu lalu saya sempat chating dengan seseorang yang baru saja kenal lewat facebook, dia kaget ketika mengetahui saya TKW, dan langsung bicara dengan sangat kasar dan menyinggung sekali. Dia mengatakan bahwa TKW/TKI adalah pengkhianat bagi bangsanya sendiri, bekerja untuk negara lain, dan tidak mempunyai nasionalisme tinggi. Belum sempat saya membela diri saya, dia sudah mematikan chat-nya dan saya dihapus dari daftar pertemanannya. Saya menghela nafas panjang dan berusaha menenangkan diri, teringat akan segala hujan tangis yang saya alami dan saksikan sendiri dengan mata kepala dan telinga saya mendengar KELUHAN kehidupan dari sahabat TKW /TKI dahulu. Kehidupan tragis bahkan sangat diluar dugaan perihnya BEBAN mereka, apakah harus MENERIMA dengan segala gunjingan BURUK tentang pekerjaan yang JUJUR sangat TERPAKSA dilakukannya. Siapa yang mau jadi buruh migran? siapa yang mau PEDULI dengan nasib dan kelaparan kehidupan mereka?
untunglah hanya saya yang mengalami hinaan langsung waktu itu, meski saya juga sebisa mungkin mengendalikan EMOSI sejenak untuk tidak berontak dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas untuknya. Hanya SATU yang saya mampu panjatkan DO'A untuk para prasangka rendah terhadap para TKW / TKI ini, bahwa semoga TUHAN tidak mengutuk kehidupanmu sehingga semua sanak saudaramu tidak berada dalam pekerjaan yang kau anggap RENDAH dan tak berKELAS ini.
Dan kupanjatkan do'a ini karena TUHAN telah mengutukku kedalam sebuah jatuhku pada KEHIDUPAN yang KERAS dan memaksaku menjalaninya tanpa INGAT bahwa aku pernah SOMBONG juga untuk tidak menolehkan pandangan akan melakukan pekerjaan TKW /TKI ini.


aku tidak lagi menundukkan kepala tatkala melihat dihadapanku beratus-ratus TKW/TKI dengan warna-warna latar belakangnya. Tak mampu kuungkapkan satu per satu KERASnya kehidupan mereka diatas KETERBATASAN pola pikir bahkan kemampuan EMOSIONAL yang hanya mereka dapatkan dari benturan-benturan KERAS problematika HIDUPnya. MEREKA sangat LUAR BIASA tangguh berada dalam USAHA menuju HARAPAN yang terTINGGInya memperbaiki kondisi kehidupannya meski harus berani mengambil RESIKO besarnya. Siapapun TAHU pasti dan sangat MENGERTI bahwa semua yang datang dan berada DISINI (tempat penampungan TKI/TKW) bukanlah orang yang sedang berkeadaan BAIK dalam kehidupannya. HIMPITAN berbagai masalah hidup yang SANGAT tidak SEPELE untuk sekedar mencari kata "UANG" semata. BERANI mengambil segala RESIKO besar untuknya berkonsekuensi pada keputusannya melangkah maju dan jauh, meski harus menyerahkan NASIB sebagai taruhannya.


aku gambarkan sebuah candaan kecil diantara pertemuan mereka dalam PENAMPUNGAN para TKI/TKW.
seorang GADIS manis itu baru 2 hari datang dari luar kota, tak terlihat BAHAGIA dalam wajah gelisahnya. Saat para TKW bercerita dan berkenalan tentang kehidupan-kehidupannya, dia pun tak langsung membuka dirinya untuk ADA bersama KISAH-kisah mereka. Dia lebih DIAM menjadi pendengar dalam seribu penerjemahan, memasukkan rasa EMPATInya. Tiba-tiba dia TERTAWA terbahak-bahak tanpa sebab. Semua temannya menatap HERAN kepadanya, seraya menanyakan apakah yang membuatnya MAMPU tertawa LEPAS setelah beberapa hari tanpa senyum sama sekali.
Diapun berkata,"aku tertawa bahagia setelah mendengar segala masalah-masalah kalian. Ternyata jauh lebih BERAT dibanding permasalahanku yang menurut pikir dan RASAku adalah yang terbesar untuk kupikul."
Disinilah dia bertemu tentang KEKUATANnya kembali. Mengenali dirinya sendiri diantara para NASIB-nasib malang orang-orang lainnya, dan selalu masih terucap kata "BERUNTUNG" untuk sebuah KEBAIKAN dari keikhlasan mereka menjalani kehidupan. Dia bukan satu-satunya orang yang mengalami serta berada dalam sebuah JURANG kehidupannya yang dalam.

Aku telah memutuskan kebulatan tekadku bersama segala PIKIRku sendiri untuk berada diantara mereka. Sebuah langkah yang tak pernah tersadar bahkan terBERANIkan dari seorang seperti AKU. Kehidupan ini telah memaksaku memilih dan mengambil jalan ini meski masih ada untukku menoleh diantara pilihan yang jauh lebih baik daripada ini, dan nyatanya kujatuhkan pilihan terburukku sebagai TKW meski tanpa persetujuan orang-orang terpentingpun. Kuanggap ini adalah petunjuk TUHAN untukku berusaha MERASAkan sisi kehidupan lain disini, masuk dan mempelajari MEREKA dan mengesampingkan segala yang ada pada diriku sejenak. Aku benar-benar ingin ADA bersama mereka, meski pada nyatanya aku memang benar-benar ADA diantara kegelisahan yang SAMA bersama mereka.
Tiba-tiba aku dihadapkan pada pemikiran tentang LOGIKA dan segala hal irrasional yang berPERANG disini, tatkala aku ketahui sebagian besar dari mereka mempercayakan nasibnya pada "orang pinter" (dukun) atau kyai yang mendo'akan mereka agar cepat mendapat pekerjaan di negara tujuan sehingga tidak terlalu lama menunggu di PJTKI. Aku sempat terhanyut sejenak ketika ku jumpai diriku sendiri tanpa ada DUKUNGAN bahkan kekuatan lain selain PERCAYA pada HATI dan nasib baikku pada DO'A apa adanya. Sekali lagi ternyata tak pernah mudah untuk BERADA dan MASUK diantara mereka ketika terbongkar siapa aku yang sebelumnya seorang guru atau setidaknya mempunyai derajat sosial lebih tinggi dibanding mereka. Menjadi gunjingan bahkan prasangka atas dasar keCEMBURUan. Aku sama sekali tidak bangga untuk diunggulkan diantara mereka karena ternyata aku justru SULIT masuk dan diterima mereka apa adanya, dan dengan segenap rasa MAAF ku untuk segala atribut yang dipercayakan padaku dan harus kulepaskan sementara. Menyatakan bahwa keadaanku sangat tidak jauh berbeda dengan mereka. Sekiranya TUHAN sedang menghadirkanku berada dalam JURANG yang tak mampu terukur dalamnya bersama masing-masing dari mereka.
Namun tak ada NILAI lebih untuk siapapun manusia terukur dalam derajatnya disini, meski teranggap sebagai kelas rendahpun toh pekerjaan yang kami lakukan adalah HALAL adanya. Bagi TKW / TKI, kami tidak mengambil PEDULI dengan apa dan siapapun dari kita dan tidak menganggap sebuah KELAS bahkan asal usul dari masing-masing kita, karena PASTI !! berada di sebuah PENAMPUNGAN TKI adalah tempat dimana seseorang mendapat HIMPITAN problematika TINGGI, dan tidak ada seORANG pun yang mau ketempat itu tanpa ALASAN jelas jika tidak mau dikatakan "KESASAR" saja. Disini adalah TEMPAT awal kami mengadukan segala keRESAHan yang meninggi pada tekad BAIK demi meneruskan HIDUP dan NASIB dibalik keMALANGan kami !

DO'A dan ZIKIR itu benar-benar nyata dan KUAT sebagai USAHA spiritual
Tiba-tiba keTAKUTan luar biasa menghantuiku tatkala dengan CEPAT dan MUDAH aku mendapatkan pekerjaan di Taiwan sebagai BURUH pabrik pakaian. Mengingat aku adalah PEMULA tanpa pengalaman bekerja di luar negeri, tak sedikit para TKW cemburu dengan pekerjaan ini. Namun sekali lagi prosesku berjalan CEPAT dan entah kenapa PERASAANku tidak menentu pada sebuah keGEMBIRAan atas pekerjaan yang mudah dan banyak diingini TKW ini. Aku terfokus pada segala RASA yang tak mampu kujelaskan tepatnya tentang ketidak yakinan tentang pekerjaan ini, apakah ini terbaik untukku ataukah hanya akan menggoda kebaikanku? teringat dengan USAHA mereka berDO'A pada dukun dan kyai, aku menimbang-nimbang NASIBku dengan mereka yang prosesnya lebih LAMA bahkan lebih berpengalaman daripada aku tapi nyatanya aku lebih BERUNTUNG. Tidak ada yang bisa aku lakukan untuk membuatku tenang selain berDO'A dan ZIKIR setiap malamnya. Mengharap KEBAIKAN dari pekerjaanku nanti meski hanya menghitung hari saja aku sudah akan berangkat BEKERJA di Taiwan. Aku tak mengerti dalam tentang belajar AGAMA Islam, namun entah darimana dorongan itu, sejak kuinjakkan kakiku di PJTKI itu, setiap malamnya aku berZIKIR menyebut beberapa Asmaul Husna dan zikir "Allah" 5000x. dan itu benar-benar kulakukan setiap selesai sholat 5 waktu dan malam sebelum tidur. Keajaiban pun datang padaku, tiba-tiba keberangkatanku digagalkan, dan aku kehilangan pekerjaan yang terlihat menarik bahkan sudah tertanda tangani kontrak. Betapa LEGAnya rasaku pada saat itu, meski banyak dari mereka bilang aku "GILA" gara-gara tidak terlihat SEDIH kehilangan pekerjaan menarik itu, tapi malah terlihat BAHAGIA. Inilah NALURI irrasional yang aku percayakan pada TUHAN pemberi jalan KEBAIKAN untukku, percaya pada ISI do'a yang kupanjatkan saat itu "semoga Tuhan memberiku pekerjaan yang baik dan sesuai dengan kemampuan yang aku miliki". Disinilah keyakinanku hadir bersama kekuatannya. Aku kehilangan kesempatan baik namun Tuhan memberiku peluang lain yang lebih baik, sangat ku syukuri karena aku bekerja diantara orang-orang BAIK di Taiwan, bekerja pada seorang Boss yang telah menganggapku sebagai anak gadisnya sendiri. Ini adalah kisah nyataku dan dari sinilah aku PERCAYA dengan seribu Do'a diiringi ZIKIR tulus yang terUCAP dari HATI dan keyakinan kita sendiri dan tidak pada KEKUATAN lainnya. Dari inilah aku PERCAYA bahwa DO'A dan zikir (bagi agama Islam) sangat mujarab jika kita mau melakukannya sendiri dan bukan semata-mata hanya mengandalkan bantuan DO'A dari kyai atau dukun sekalipun.


Seperti masih JELAS dalam seribu ingatan tentang siapa saja diantara MEREKA di PT dengan segala tindak tanduk prilakunya, benar-benar tergambar JELAS pada peruntungan NASIBnya berada di negara tujuannya. Berita buruk dan segala kejanggalan seperti AZAB bagi nasib mereka masing-masing. Sekali lagi aku sangat JATUH dan PERCAYA pada kekuatan TUHAN yang MAHA segalanya. Bahkan dukun manapun tak akan MAMPU bertanggung jawab ketika hal buruk terjadi pada mereka, seperti banyak yang kita saksikan dalam berita TV dan media lainnya bahwa beberapa TKW/TKI mengalami perlakukan buruk dan bahkan berakhir dengan kematian ataupun cacat permanen pada tubuhnya. Tidak ada yang mampu terketahui pasti tentang sebuah NASIB ataukah peruntungan dibalik usaha dan do'anya.


berita tentang segala BAIK dan BURUK tak mampu terambil UKURAN, karena nyatanya manusia hanya KUAT pada kekuatan untuk bertahan pada KEBAIKANnya dan bukan pada KUASAnya hadir sesuai harapannya. Permainan NASIB ataukah hanya konsekuensimu terhadap RESIKO jalan yang kau tempuh???


sebagian dari mereka PULANG tinggal nama penuh tangisan,..
sebagian dari mereka HIDUP berfoya-foya tanpa TUJUAN,..
sebagian dari mereka tergoda dan masuk dalam keingkaran KODRATnya,..
sebagian lagi tak mampu tersorot karena terlalu dalamnya perjuangan mereka pada sebuah pekerjaan yang tak lain adalah PENGABDIAN-nya pada kehidupan itu sendiri

mereka tetap konsentrasi pada pekerjaannya saja ataukah sembari menikmati kebebasan diri menikmati kehidupan lain yang jauh dari segala kepenatan hidupnya di tanah air
BURUH MIGRAN tetaplah ternilai sebagai BURUH KEHIDUPAN yang mereka jalani untuk ternilai sebagai PAHLAWAN atau justru sebagai musuh dalam kehidupan awalnya

 
seorang gadis 29 tahun, single, telah bekerja di Singapura 6 tahun, di Taiwan 5 tahun lebih. Aku bertanya tentang kehidupannya mengapa masih lajang dan terus merantau mengingat sudah terlalu lama dia berjuang diluar negeri. Jangan beranggapan dia tak punya cita-cita, jangan menganggapnya dia hanya menikmati kehidupan dunia luar negeri yang serba NYAMAN dibanding kehidupan tanah air. Selalu ada KISAH tersembunyi untuknya IKHLAS disini. Dan kuceritakan tentang segala HIMPITAN kehidupannya, tentang bapaknya yang hanya tukang becak, tentang kakaknya yang selalu membuat masalah keluarga, tentang semua hasil payahnya yang berhasil dia wujudkan dalam sebuah bangunan RUMAH yang ditinggali semua anggota keluarganya, bahkan tak ada guna juga ketika sang kekasih hatinya mengkhianatinya setelah mengetahui ia dan penghasilannya habis ludes buat keluarganya saja. Tidak ada yang menerimanya dengan apa adanya ia selain senyumnya yang masih terLUKIS menggambarkan KETABAHAN dalam BERUSAHA. Dia masih tetap SENDIRI mendalami perannya yang belum berujung pada HARAPAN masa depan BAIKnya semata. Dia dengan segala kekurangan dan pengabdiannya sebagai pahlawan keluarga, pahlawan kehidupannya dibalik perannya sebagai pahlawan devisa bagi negaranya. Akan terberikan berapa BINTANG kah untuk menghargainya?


seorang gadis muda, 19 tahun, baru menyelesaikan sekolah SMU. Belum pernah hidup jauh dari rumah. Sebenarnya dia termasuk murid yang pandai, namun mentalnya yang masih labil dan kehidupan yang tak stabil sebagai anak yatim piatu, tenggelam juga karena tuntutan kakak-kakaknya yang tak mampu menyekolahkannya lagi. Dia dengan TEKAD lemahnya memilih jalan BERJUANG sebagai TKW hanya karena melihat banyaknya PELUANG hidup yang MAPAN hanya dengan hitungan 2 - 3 tahun saja. Mengais puluhan bahkan ratusan juta dalam waktu singkat dan tanpa harus memerlukan keahlian lebih dibalik minimnya pendidikannya. Berangkat dan bekerja. Setahun dia jalani dengan tidak mudah. Nasib terombang ambing dalam pekerjaan dan pergaulan. Tanpa harus kuceritakan proses pergaulannya dengan TKW lainnya, diapun terjatuh pada kehidupan LESBIan. Segala tekanan keluarga, tuntutan diri yang tak terarah dan terbanting pada seribu kekecewaan hidup dan angan-angannya yang MELAYANG saja. Dia dengan keterbatasan pengalaman hidup dan keterbatasan mengolah EMOSI jiwa MUDAnya, berjalan dengan langkah yang tak lagi berada pada kebaikannya. Berdandan selayak seorang lelaki, dan memang pacarnya juga seorang gadis cantik TKW juga. Hanya satu pesan yang terUCAP padaku saat itu, dia akan kembali kejalan kebaikan setelah WAKTUnya tiba nanti. Entah waktu apa yang dia janjikan padaku. Dia hanya ingin menikmati HIDUPnya saat mudanya ini, itu katanya.......****


Seorang wanita cantik 39 tahun, bekerja di Taiwan hampir 9 tahun. Terlihat bergaya seolah tak tergambar kehidupan PAHIT sama sekali. Bercerita tentang kehidupannya yang sangat sengsara, bahkan bercerai dengan suaminya disaat dia dan anaknya kelaparan. Memutuskan pergi merantau demi pendidikan anaknya. Namun nyatanya kemudahan dan gemerlapan dunia luar negeri merubah segala kisah hidupnya dengan cepat. Dia adalah TKW yang beruntung, terlihat dari kesuksesannya mewujudkan hasil jerihnya dengan sebuah RUMAH megah seisinya, menikah dengan pria jejaka yang menyayanginya, menyekolahkan anaknya hingga kuliah, dan terpenuhi segala kebutuhannya tanpa INGAT bahwa dulu dia pernah menangis karena LAPAR. Kenyataannya dia di Taiwan selain bekerja namun juga tersangkut kehidupan BEBAS. Memiliki banyak pacar dan menikmati segala kemudahan pergaulan hitam di Taiwan. Dia sadar tentang ketidakbaikan ini. Menyadari segala keburukannya dibalik kemampuannya memberikan nafkah terbaik untuk keluarganya. Diapun juga sempat mengatakan sesuatu padaku bahwa Tuhan memberikan kehidupan yang sangat mudah dan nikmat untuk saat ini, jauh dari kesengsaraannya dahulu akan selalu dia nikmati meski dia sadar perilakunya tidak benar dan tidak peduli dengan keburukan-keburukan yang datang nantinya. Surga dunianya adalah pada saat itu juga, tanpa mau peduli dengan apapun azabnya.. Ya, itulah yang menjadi pilihan hidupnya, tidak ada yang mengetahui mengapa dia seperti itu, apa mungkin dia terlalu HAUS dan LAPAR oleh kebahagiaan ataukah memang dia tidak bisa mengendalikan DIRI untuk tetap berjalan pada KEBAIKAN.


ada pula TKW yang terhitung tua yang umurnya diatas 40 tahun. Aku contohkan sala satunya TKW yang telah bekerja di Brunei 9 tahun, akhirnya pulang menyaksikan anak semata wayangnya menikah. Dia pun memutuskan merantau ke Taiwan karena dinilai gajinya lebih BESAR. Selain itu tidak ada yang TAHU mengapa dia masih berjuang lagi, yang seharusnya dia menghabiskan masa tua bersama keluarganya. Dan sungguh tak mampu terjawab pula bahwa dia hanya memiliki satu anak perempuan yang tinggal dirumahnya bersama ayah dan menantunya. Gambaran tentang ibu TKW ini pasti banyak menjadi pemikiran tentang apa dan bagaimana seorang ibu berjuang demi semua keluarga. Entah sampai kapan, ketika beberapa orang lainnya mempunyai pendapat yang menyinggung perasaannya, bahwa seharusnya ibu itu jangan lagi bekerja sendiri karena ada suami dan menantu dirumahnya. Namun ibu itu hanya menjawab bahwa selama dia masih MAMPU dan SEHAT dia tidak akan merepotkan anggota keluarganya, meski secara PASTI dia direpotkan dan masih menanggung kehidupan keluarganya semua. Sekali lagi apakah seorang pahlawan keluarga itu akan terus menjadi PAHLAWAN hingga tak lagi dikenali RAGAnya ?? bagaimana dengan tanggung jawab keluarga lainnya, jika memang ini keinginan sang ibu, namun nyatanya jerihnya tetap dinikmati untuk kebutuhan mereka dirumah,.. dan seterusnya,.. dan seterusnya,..

 
bahkan mayoritas dari para TKW/TKI yang telah lama bekerja dibeberapa negara adalah mereka yang hanya mengenyam pendidikan tingkat SMP saja atau SMA. Begitu lulus SMP, mereka sudah bulat mental untuk merantau, meninggalkan segala masa remaja bahkan ABG-nya hanya untuk menunjang perekonomian keluarga. Seperti layaknya eksploirasi anak saja, bagaimana tidak meskipun tekad dan keputusan adalah dari mereka sendiri namun bagaimanapun juga proses sebelum berangkat harus mendapatkan persetujuan dari orang tuanya. Dan jika sang orang tua meng"iya"kan itu berarti sudah tidak ada alasan bagi kita melihat hal ini sebagai kewajaran. Coba anda pikirkan anak semuda itu dengan keterbatasan ilmu dan pengalaman bahkan masih sangat labil untuk sekedar bertanggung jawab terhadap kehidupannya, harus berada dan beradaptasi penuh di tempat yang jauh dari segala dukungan untuknya bahkan sangat dekat dengan kilauan pergaulan yang tak terkendali. Bertanggung jawab tanpa mengerti betul dampak positif dan negatif dari perjalanannya. Dan jika akhirnya yang kita jumpai dan ketahui adalah beberapa kejanggalan bahkan kemalangan nasib mereka yang justru lebih besar, maka siapakah yang akan bertanggung jawab terhadap mereka? Sekali lagi semua sudah menjadi sebuah TRADISI yang biasa terjadi pada masyarakat pedesaan dimana tingkat pendidikan mereka yang rendah tergambar dari POLA pikirnya yang pendek juga. Terlihat juga karena alasan kehidupan mereka yang bermasalah tinggi yang berpangkal dari perekonomian keluarga yang rendah dan sulitnya mendapat pekerjaan dengan lulusan hanya tingkat SMP atau SMA dengan gaji besar. Dan masih banyak hal lain yang melatarbelakangi keputusan mereka untuk berjuang di jalan ini, bahkan mungkin sebagai pelarian mereka dari segala masalah kehidupannya yang menjerat.

dan bahkan banyak juga para wanita yang tersia-siakan oleh keluarga atau suaminya, mengambil langkah ini sebagai keputusan terbaiknya dalam melangsungkan masa depan hidupnya. Toh, nyatanya mayoritas dari mereka akhirnya berhasil dan mampu membuktikan diri sebagai PAHLAWAN bagi diri dan keluarganya,..

kisah-kisah diatas hanya penggalan saja dan terlalu dangkal untuk divonis pada sebuah CERITA penuh, karena problematika lain muncul dan selalu ada pada kehidupan mereka. Saya garis bawahi pada TKW atau TKI yang bekerja di luar negeri yang sudah berumah tangga, saya mengamati banyak juga kehidupan mereka tidaklah berubah lebih baik atau bahkan menjadi buruk karena banyak faktor. Disini saya gambarkan beberapa faktor umum yang nyatanya banyak menjadi penyebab hancurnya pernikahan / keluarga mereka.

1) kebutuhan biologis yang tak tersalurkan.
Bagi pasangan suami-istri kebutuhan ini sudah merupakan hal yang penting. Ketika istri / suami merantau dalam waktu yang sangat lama, dan kepada siapa mereka menyalurkan kebutuhan biologisnya ini yang memang tidak mudah untuk teratasi begitu saja. Ketika istri merantau banyak para suami menikah lagi atau melakukan tindakan pelecehan seksual. Bahkan sang istri pun tak lekang dari seribu godaan di tempat ia bekerja, ada yang berselingkuh dengan majikannya sendiri, atau bahkan dengan pekerja lainnya. Semua tindakan-tindakan mereka pun berujung pada hancurnya pernikahan atau keluarga itu sendiri.

2) Kualitas anggota keluarganya yang tak terkendali.
Perubahan nyata terlihat karena kekosongan PERAN dalam keluarga. Misalnya salah satu bahkan kedua orang tua sama-sama merantau ke luar negeri, dan menyerahkan segala urusan keluarga terutama anaknya pada sanak saudara atau bahkan orang lainnya, justru berpengaruh besar terhadap seluruh perkembangan si anak, termasuk psikologi, mental dan pergaulannya. Selain itu, timbul permasalahan yang tertuju pada rasa "pemanfaatan" yang tidak berimbang, ketika anak dan sanak saudaranya yang hanya mengandalkan UANG dari keluarganya yang merantau, justru mereka tidak mampu mengatur segala kepentingan dengan baik, karena bagaimanapun juga tercukupinya segala kebutuhan itu tak akan terhingga pada kebaikan dalam terselesainya banyak hal. Anak yang ditinggalkan menjadi kurang kasih sayang dan perhatian. Saya mengamati ini karena sebagian murid saya adalah anak dari mereka yang orang tuanya bekerja sebagai TKI/TKW. Nyatanya tingkat kemapanan yang ada untuk mereka malah tidak mendukung sepenuhnya pada kualitas pribadi sang anak. Kualitas pendidikan si anak tidak berkembang baik karena tidak dibarengi dengan bimbingan, perhatian dan pengawasan orang tuanya. Mereka hanya mendapat fasilitas hidup dan pendidikan yang cukup, namun tidak mampu memanfaatkannya dengan baik bahkan terbawa kepada kehidupan yang bebas atau bahkan tak terkendali lagi. Sekali lagi UANG ternyata bukan penyelesaian masalah yang MUTLAK.

3) Adanya penyimpangan PERAN dan kesewenangan yang membelok dalam RT
Istri yang bekerja diluar negeri, membanting tulang dengan pengorbanan yang sangat tidak seimbang dibanding suaminya yang hanya dirumah dengan penghasilan yang sangat kecil atau bahkan pengangguran. Menjadikan sang istri mempunyai sifat LEBIH dan tidak menghargai suami sebagai kepala RT. Pandangan seperti ini bisa menjadi penyebab hancurnya RT karena tertuntutnya HAK dan KEWAJIBAN yang tak seimbang antara istri dan suami. Akhirnya banyak RT mereka berantakan dan berakhir pada perceraian karena ketidak terimaan atau keberatan peran yang tak lagi tergambar seimbang.

Penjabaran dari inti penyuluhan PAP (Pembekalan Akhir Pemberangkatan)
Penjabaran tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan dan bahkan dipertimbangkan lagi bagi para TKW/TKI yang akan memutuskan untuk berangkat bekerja keluar negeri terutama bagi mereka yang sudah berstatus berkeluarga, ini sangat penting untuk dijadikan pemikiran lanjutnya. Terdapat beberapa RESIKO tentang keputusan meninggalkan keluarga bagi mereka yang sudah menikah. Penjelasan ini saya dapatkan pada waktu PAP ( Pembekalan Akhir Pemberangkatan) yang diselenggarakan di Kantor Imigrasi Wilayah DKI Jakarta, dimana waktu itu seorang penyuluh menjelaskan PANDANGAN tentang buruh migran yang sudah berkeluarga ternyata memiliki dampak negatif lebih besar dan bahkan jika kita meninjau lebih dalam dapat dijadikan koreksi (menilik sedikit dari hukum pernikahan dalam ajaran Islam) bahwa suami istri dalam kurun waktu 3 bulan tidak melaksanakan kewajibannya sebagai PASUTRI secara lahir dan batin, maka ini sama dengan telah jatuh TALAK dalam pernikahan. Dan segala fenomena buruk tentang kehancuran keluarga dari TKI/TKW yang terhitung semakin banyaknya perselingkuhan, penyimpangan hak dan kewajiban suami dan istri, problematika keluarga lainnya termasuk kegagalan dalam membimbing anggota keluarga.  Orang tua merantau untuk mencari nafkah demi memberikan fasilitas masa depan yang baik bagi keluarga dan anaknya, tapi nyatanya tidak semudah itu terjalani, karena keluarga dan anak mampu berkembang dengan BAIK bukan sekedar tercukupi kebutuhan  hidupnya semata, kasih sayang dan pendidikan serta bimbingan orang tua tidak ia dapatkan secara UTUH, sehingga ia cenderung berada pada aktivitas-aktivitas menyimpang dan tidak adanya kemandirian dalam tanggung jawabnya sebagai anak, bahkan berpikir bahwa orang tuanya MAMPU menyelesaikan segala kesulitannya hanya dengan UANG.



lalu siapakah yang disalahkan ketika fenomena buruk ini terjadi?? istri kah? suamikah? mengambil contoh: istri memutuskan bekerja keluar negeri karena tuntutan kebutuhan hidup yang serba kurang untuk keluarga. Dan ketika istri ngotot berangkat dan akhirnya terjadi segala kondisi buruk diatas, maka tidak juga harus langsung menyalahkan si istri karena yang mengijinkan istri merantau tetaplah melalui surat persetujuan dari suami. Dan semestinya istri tidak perlu bekerja keluar negeri untuk kebutuhan keluarganya karena bekerja memenuhi kebutuhan hidup itu adalah tanggung jawab penuh dari sang suami.

selamat bekerja untuk para PAHLAWAN DEVISA, PAHLAWAN KELUARGA serta PAHLAWAN KEHIDUPAN para TKI/TKW dimanapun berada

aku menemukan satu cerita kecil dan menyentuh tentang "anak" TKW yang merantau keluar negeri, ini adalah foto dari anak terlantar, tepatnya di pinggiran kota Bima (NTB)menurut kisahnya, banyak sekali anak-anak terlantar yang tak mengetahui dimanakah orang tua mereka sebenarnya. Dan terceritakan oleh seorang sahabat saya yang tinggal di kota tersebut bahwa sebagian dari anak-anak ini adalah anak dari para TKW yang ditinggalkan begitu saja, tidak mengetahui kabar orang tuanya.
sekali lagi fenomena buruk muncul, inilah kehidupan yang berjalan bersama kisah kompleknya. Bagaimanapun juga tak akan mampu terkupas penuh untuk sebuah ketidak baikan ini berpangkal. Semoga cukup untuk disini saja kisah-kisah tak terkenali baiknya ini muncul. Semoga TUHAN selalu memberi kita jalan KEBAIKAN dengan apapun PERAN yang akan terbebankan pada diri dalam kehidupan ini, Amin


(D.A.S)

17 komentar:

  1. Balasan
    1. ASSALAMU’ALAIKUM
      Permisi Kepada Admin Dan Teman Yang On’line di Blog ini Sedikit Saya Ingin Berbagi Cerita Tentang Kisah Sukses Saya Jadi TKI Kontrak di Jepang.
      Perkenalkan Nama Saya Ridwan Topik Budiman Asal Dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2015 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah sekertaris utama di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS HERMONO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk Hermono di Nomor 0852-13913921, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau'pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.000.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk SEKERTARIS UTAMA BNP2TKI, BPK DRS HERMONO. Ini No TLP/HP Beliau: 0852-1391-3921 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

      Hapus
  2. Luar biasa sangat inspiratif, tlisan yang bagus.

    BalasHapus
  3. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada AKI GENDENG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja AKI GENDENG
    dinmr hp beliau (082-313-481-643)
    dan saya sudah membuktikan 5 KALI berturut-Turut tembus terimah kasih AKI GENDENG

    BalasHapus
  4. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada AKI GENDENG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja AKI GENDENG
    dinmr hp beliau (082-313-481-643)
    dan saya sudah membuktikan 5 KALI berturut-Turut tembus terimah kasih AKI GENDENG

    BalasHapus
  5. aq mau ceritakan masalah pribadi aq dulu juga aq seorang tki'susah ekonomi sulit beri kebutuhan keluarga tapi aq usaha cari orang yang bisa bantu aq'ternyatah aq ketemu atas nama mbah sangrego ini noy.082344441278 melalui internek ternyatah dia bantu aq melalui dunia gaib'itu betul ternyatah sesuai degan keingginan aq'aq dibantu melalui uang bibit.terima kasih

    BalasHapus
  6. aq mau ceritakan masalah pribadi aq dulu juga aq seorang tki'susah ekonomi sulit beri kebutuhan keluarga tapi aq usaha cari orang yang bisa bantu aq'ternyatah aq ketemu atas nama mbah sangrego ini noy.082344441278 melalui internek ternyatah dia bantu aq melalui dunia gaib'itu betul ternyatah sesuai degan keingginan aq'aq dibantu melalui uang bibit.terima kasih

    BalasHapus
  7. Dlu kmi orang yg tak mampu.tp kmi sllu usah cr jln,bagmn menyelesaikan tp berkat dbantu beliau atas nm aki dewata kmi bersyukur udah dbntu.kalau mau sprt kmi in no akinya 082384222539.

    BalasHapus
  8. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH JAMBRONG dan dia memberikan nomor MBAH JAMBRONG,dia bilan kepada saya kalau MBAH JAMBRONG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH JAMBRONG dan dengan senan hati MBAH JAMBRONG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JAMBRONG di 081=340=887=779 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH MBAH JAMBRONG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya..

    BalasHapus
  9. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  10. Terkena mslh asmaea, mengembalikan pasangan yg selingkuh, mengunci pasangan, mendapatkan pasangan sesuai idaman, pengobatan, trawangan dll.Hub : 0815 6766 2467. Biaya seikhlasnya. Buktikan.

    BalasHapus
  11. Assalamu alaikum,Saya Indri seorang TKW dari Malaysia,memohon maaf yang ada di fb ini bila kata2 saya ada yang salah,namun tujuan saya di sini hanya ingin berbagi cerita kepada para rekan2 saya yang jadi tkw di negeri orang,hidup di negeri orang memang amatlah susah,gaji pas2an,makanpun ala kadarnya,namun apa boleh buat demi mencukupi kebutuhan keluarga yg ada di kampung,mau tidak mau saya harus menjalani semua penderitaan itu,namun syukur alhamdulillah berkat kerja keras dan doa saya slama ini alhamdulilah allah sudah memberi jalan kesuksesan sama saya,meskipun jalan ini di larang oleh agama tp mungkin inilah satu2nya jalan untuk merubah nasib hidup saya,secara kbetulan saya lihat di internet tentang seseorang yg bisa mengubah nasib jadi lebih baik dengan jalan pemasangan angka togel,saya beranikn diri menempuh jalan itu dan ternyata angka yg di berikan oleh NYI SUGENG tembus dan saya menang 577jt,saya sangat bersyukur atas rezeki yg sy daptkan itu,ini bukan hanya sekedar cerita tp ini kenyataan.Jadi bagi saudara2 saya yg masih jd tkw ataupun yg lagi dalam kesulitan jangan ragu untuk menhubungi NYI SUGENG di 085 256 212 007 krna sy sudah membuktikannya,wassalam

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr,wb…
    Saya OKTAVIANI TKI Bekerja Di HONGKONG...!!!
    Saya tak lupa mau mengucapkan terima kasih yg tak terhingga,Serta Rasa Kagum yg setinggi-tingginya kepada AKY SUNDKO, Saya sudah bekerja sebagai TKI selama 8 tahun di HONGKONG,dengan gaji kurang lebih 3,5 jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Sya pun kepikiran sma suami sya,untuk bermain judi TOGEL dan meminta angka kepada AKY SUNDOKO
    Saya Menanyakan Cara Mendapatkan Angka Ritual Aky,Trus beliau menyebutkan caranya dan saya pun bersedia,Beliau bantu kasih angka 4D 5 kali putaran ...akhirnya TEMBUS dan Alhamdulillah saya menang 550Juta,dan pulang ke indonesia buka usaha, alhamdulillah Sekarang saya sudah bisa buka usaha jual beli karpet dan menerima pesanan dari luar propinsi dan melunasi semua utang2 saya...
    Saya benar-benar yakin dan percaya angka ghoib AKY SUNDOKO Benar2 Akurat Tembus 100%,,,Yang ingin merubah nasib seperti saya buruan CALL/TELFON AKY SUNDOKO di Nmr: 0852-4281-8443....Sekali Lagi Terima kasih Banyak AKY SUNDOKO jasamu takkan kami lupakan,Ini bukan janji tapi bukti..!!!

    MAU BUKTI SILAHKAN HUB AKY SUNDOKO DI NO : 085242818443
    Demikian Kisah Nyata Dari Saya Sekeluarga.
    http://wwwkisundoko.blogspot.co.id

    BalasHapus
  13. ASSALAMU’ALAIKUM
    Permisi Kepada Admin Dan Teman Yang On’line di Blog ini Sedikit Saya Ingin Berbagi Cerita Tentang Kisah Sukses Saya Jadi TKI Kontrak di Jepang.
    Perkenalkan Nama Saya Ridwan Topik Budiman Asal Dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2015 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah sekertaris utama di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS HERMONO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk Hermono di Nomor 0852-13913921, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau'pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.000.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk SEKERTARIS UTAMA BNP2TKI, BPK DRS HERMONO. Ini No TLP/HP Beliau: 0852-1391-3921 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

    BalasHapus
  14. SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA EYANG,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU 4D SGP {1731} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN EYANG KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI EYANG DI 0823-2111-5084 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS KLIK http://ritualnomortogel.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  16. Saya Akbar Tanjung TKI asal Ponorogo JawaTimur Tinggal Di Sukang,Brunei,ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang buruh bangunan yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampung,jadi TKi itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk-duduk buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar tentang seseorang yang katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasang nomor di Brunei,akhirnya saya coba untuk menghubunginya dan Alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikannya beneran terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan beliau.Kini saya bisa pulang ke Indonesia untuk buka usaha sendiri,,Mungkin saya tidak bisa membalas budi baik beliau sekali lagi makasih. Dan bagi teman-teman yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja nomor ini 082-387-384-409 namanya Mbah Agus Darma. Insya Allah beliau akan membantu anda.Jangan putus asa,selama mentari masih bersinar masih ada harapan di hari esok.Yakin Dan percaya serta optimis.trmksh.

    BalasHapus